Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

TBC, bakteri Mycobacterium tuberculosis

A.       Definisi

Tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat menyerang seluruh tubuh manusia dan teralirkan melalui pembuluh darah. Meskipun demikian Mycobacterium tuberculosis biasanya menginfeksi dan menyerang paru-paru.

Mycobacterium tuberculosis
Kingdom         : Bacteriaa
Filum               : Actinobacteria
Kelas               : Actinobacteria
Ordo                : Actinomycetales
Sub ordo         : Corynebacterineae
Family             : Mycobacteriaceae
Genus              : Mycobacterium
Spesies            : M. Tuberculosis

B.        Morfologi

Dalam jaringan, basil tuberkel adalah bakteri batang lurus dengan ukuran sekitar 0,4-3 µm. Pada media buatan, bentuk kokoid dan filamentous tampak bervariasi dari satu spesies ke spesies lain. Basil ini tidak bergerak dan tidak membentuk spora, tidak membentuk kapsul dan apabila diwarnai sering nampak bermanik atau berbutir-butir. Satu karakteristik basil tuberkel yang menonjol adalah penampilannya yang berlilin. Zat lilin ini berperan dalam terbentuknya fase atau formasi granuloma/bintil/nodul yang terlihat pada hasil foto rontgen paru-paru penderita TBC.

C.       Epidemiologi

 Infeksi pada usia muda lebih banyak terjadi di kota daripada di desa. Penyakit terjadi hanya pada sebagian kecil individu yang terinfeksi. Di amerika serikat, penyakit aktif mempunyai pola epidemiologi dimana individu yang memiliki resiko tinggi adalah: kaum minoritas, kebanyakan orang Afrika-Amerika dan hispanik; pasien terinfeksi HIV; orang homo; orang yang sangat muda dan sangat tua. Insidensi tuberculosis meningkat pada orang minoritas dengan infeksi HIV. Infeksi utama dapat terjadi pada orang yang terpapar sumber infeksi. Pasien yang mempunyai tuberculosis dapat terinfeksi secara eksogen pada kesempatan kedua. Tuberculosis reaktivitas endogen terjadi paling umum pada orang dengan AIDS dan malnutrisi yang lebih tua dan orang yang kecanduan alkohol.

D.       Cara Penularan

 Penyakit TBC biasanya menular melalui udara yang terkontaminasi oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dilepaskan pada saat si penderita TBC batuk. Pada anak-anak sumber infeksi umumnya berasal dari penderita TBC dewasa. Bakteri yang sering masuk akan terkumpul dan berkembang biak di dalam paru-paru dan dapat menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening. Itulah alasan mengapa infeksi TBC dapat menginfeksi hampir seluruh organ tubuh seperti: paru-paru, otak, ginjal, saluran pencernaan, tulang, kelenjar getah bening, dan lain-lain. Namun organ yang sering terkena adalah paru-paru.

E.        Gejala Penyakit

Gejala penyakit TBC digolongkan menjadi dua bagian, yaitu gejala umum dan gejala khusus.
1.      Gejala umum (sistemik)
§  Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul.
§  Penuruna nafsu makan dan berat badan.
§  Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah).
§  Perasaan tidak enak, lemah.
2.      Gejala khusus (khas)
§  Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, bila terjadi sumbatan sebagian bronkus akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar akan menimbulkan suara “mengi”, suara nafas yang melemah disertai sesak.
§  Apabila ada cairan di rongga pleura,dapat disertai dengan keluhan sakit dada.
§  Bila mengenai tulang maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.
§  Pada anak-anak dapat mengenai otak dan disebut sebagai meningitis.

F.        Penegakan Diagnosis
Apabila terdapat pasien yang dicurigai tertular penyakit TBC, maka beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis  adalah:
1.      Anamnesa baik terhadap pasien maupun keluarganya.
2.      Pemeriksaan fisik.
3.      Pemeriksaan laboratorium (darah, dahak, cairan otak).
4.      Pemeriksaan patologi anatomi.
5.      Rontgen dada (thorax photo).
6.      Uji tuberculin.

G.       Pencegahan dan Pengawasan

1.      Pengobatan yang tepat dan efektif terhadap pasien tuberculosis aktif dan tindak lanjut terhadap kontaknya dengan tes tuberculin, sinar-X, dan pengobatan yang tepat adalah dengan cara pengawasan tuberculosis yang muncul kembali menyatakan bahwa pengawasan ini belum dilakukan dengan cukup.
2.      Pemberian obat pada seseorang yang positif tuberculin asimptomatik sebagian besar biasanya mudah mendapatkan komplikasi (yaitu anak-anak) dan pada orang yang positif tuberculin harus mendapatkan obat immunosuppressive untuk mengurangi reaktivasi infeksi.
3.      Inang yang resisten: factor nonspesifik dapat mengurangi resistensi inang kemudian menyokong perubahan infeksi asimptomatik menjadi penyakit. Factor-faktor tersebut antara lain starvasi, gastrektomi, dan suppresi imunitas selular karena obat (yaitu kortikosteroid) atau infeksi. Infeksi HIV adalah factor resiko terbesar untuk tuberculosis.
4.      Imunisasi: basil tuberkel avirulen yang hidup beragam, khususnya BCG telah dimanfaatkan untuk menimbulkan resistensi tertentu pada pemaparan yang berat terhadap infeksi.


Daftar Pustaka
 
Volk, Wesley A. dan Wheeler, Margaret F. 1990. Mikrobiologi Dasar. Jakarta: Erlangga.
Brooks, Geo F., Butel, Janet S. dan Morse,  Stephen A. 2005. Mikrobiologi Kedokteran. Jakarta: Salemba Medika.
Informasi Lengkap Tentang TBC (Tuberkulosis/TB) (http://medicastore.com/tbc/penyakit_tbc.htm) di unduh pada Senin, 13 Juni 2011 jam 18.30 WIB.
Penyakit Bakteri :: TBC, Penyakit Bakteri Mycobacterium tuberculosis (http://www.anneahira.com/penyakit-bakteri.htm) diunduh pada Senin, 13 Juni 2011 jam 18.30 WIB.
Penyakit dan Pengobatannya : Penyakit Tuberkulosis (TBC) (http://infopenyakit.com/2007/12/penyakit-tuberkulosis-tbc.html) diunduh pada Selasa, 14 Juni 2011 jam 19.05 WIB.
Mycobacterium tuberculosis (http://en.m.wikipedia.org/wiki/Mycobacterium_tuberculosis) diunduh pada Selasa, 14 Juni 2011 jam 19.05 WIB.
Tuberkulosis (http://id.m.wikipedia.org/wiki/Tuberkulosis) diunduh pada Selasa, 14 Juni 2011 jam 19.05 WIB.







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Adam Muiz mengatakan...

Wah, harus berhati hati dengan bakteri tersebut
Game Android

Unknown mengatakan...

Mantab sekali ada cara pencegahannya
Pengertian Mycobacterium

Posting Komentar