Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

VNC REMOTE DEKSTOP



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Pengertian Remote Dekstop
Remote dekstop adalah fasilitas yang disediakan untuk dapat berbagi file dan bisa menjalankan komputer satu dari komputer lain dengan syarat terhubung dengan jaringan.Penggunaan Remote Control sangat membantu pekerjaan seorang administrator untuk dapat menjangkau seluruh komputer yang ada dalam jaringannya atau karena suatu sebab tidak dapat berada di depan komputer yang bersangkutan, sehingga perbedaan lokasi yang jauh tidak menjadi masalah untuk dapat melakukan pekerjaan sehari-hari. Teknologi remote control saat ini sudah cukup maju dengan adanya software-software semacam VNC yang sangat powerfull karena kecepatannya, tampilannya yang berbasis grafis, dapat dijalankan menggunakan browser, dan dapat digunakan sama baiknya dalam platform komputer yang sama maupun dalam platform komputer yang berbeda seperti lintas platform antara Linux dan Windows. Remote control di Linux/Unix yang secara native menggunakan command shell dilakukan hanya dengan menampilkan teks saja. Ini karena semua OS clone Unix dapat dioperasikan hanya dengan command text. Contoh yang paling banyak digunakan adalah koneksi SSH. SSH merupakan fasilitas remote yang building pada semua operating system Linux. Selain bisa menyediakan koneksi remote, SSH juga cukup aman untuk digunakan. Berbagai macam aplikasi remote desktop telah tersedia saat ini. Hanya saja semua aplikasi remote desktop tersebut diperuntukan bagi komputer desktop atau laptop saja. Padahal saat ini telah lahir sebuah perangkat elektronik berukuran kecil seperti Pocket PC yang memiliki kemampuan tidak jauh berbeda dengan kemampuan-kemampuan dalam sebuah komputer desktop.

Pembuatan aplikasi VNC client untuk sebuah kompu
ter desktop mungkin tidak begitu susah dan tidak akan menemui banyak kendala karena komputer desktop sendiri memiliki resource yang cukup besar. Berbeda dengan pembuatan aplikasi VNC client untuk perangkat mobile seperti Pocket PC, sepertinya akan banyak menemukan kendala karena pada Pocket PC memiliki banyak keterbatasan resource seperti keterbatasan kemampuan prosesor, keterbatasan ukuran layar,dll.
B.     Pengertian VNC
VNC adalah kepanjangan dari Virtual Network Computing.Sedangkan VNC adalah sebuah software remote control, dimana dengan melalui software ini suatu komputer dapat melakukan akses untuk bekerja di suatu komputer lain yang terhubung dg jaringan. Hal ini dapat dilakukan baik dalam lingkungan LAN (Local Area Network) yang relatif berjarak dekat sampai dalam jaringan internet yang dapat berjarak ribuan kilometer.Teknologi remote control sebenarnya bukanlah barang baru. Kehadiran teknologi ini sudah cukup lama di dunia komputerisasi.Di dalam dunia operating system UNIX dan lainnya, komunikasi remote sudah sangat biasa dilakukan oleh penggunanya.Operating system yang berbasiskan UNIX memang telah dikenal lama sebagai salah satu operating system jaringan yang menonjol dalam aplikasi-aplikasi jaringan termasuk fasilitas untuk mengontrol komputer melalui jaringan dari jarak jauh yang juga telah dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang sangat baik.





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Penggunaan VNC Remote Dekstop


VNC adalah aplikasi yang serupa dengan aplikasi Remote Desktop Conection ( RDP ) yang sudah terintegrasi didalam Windows,tetapi dengan fleksibilitas  pemakaian yang lebih luas.Misalnya dengan menggunakan aplikasi VNC kita bisa membatasi komputer client untuk read only dalam mengakses komputer server dimana hal ini tidak bisa dilakukan dengan aplikasi RDP.



Penggunaan VNC sangat membantu pekerjaan seseorang administrator jaringan yang membutuhkan suatu tool yang handal untuk dapat menjangkau seluruh komputer yang ada dalam jaringannya atau karena suatu sebab tidak dapat berada di depan komputer yang bersangkutan, sehingga perbedaan lokasi yang jauh tidak menjadi masalah untuk dapat melakukan pekerjaan sehari-hari. Contoh Penggunaan Secara Spesifik yaitu pada sebuah perusahaan pialang futures, dimana perusahaan tersebut memberikan fasilitas indicator khusus untuk membaca pergerakan harga kepada kliennya tetapi perusahaan pialang tersebut tidak ingin indicatornya tersebar kemana-mana dengan kata lain ingin melindungi hak ciptanya, maka perusahaan pialang tersebut bisa memanfaatkan VNC untuk  memecahkan masalah ini.

B.     Karakteristik VNC Remote Dekstop
Karekteristik yang merupakan keunggulan dari software VNC dibanding software-software jenis lainnya adalah :
1. Multi platform.
        Software VNC ini dapat digunakan dengan baik di lingkungan Windows, Linux, Beos, Macintosh, Unix dll. bahkan penggunaannya juga dapat dilakukan secara lintas platform. VNC client & VCN server dapat saling diakses misalnya dari sistem Windows ke sistem Linux, maupun dari sistem Linux ke sistem Windows.
2. Client-server.
Software terdiri dari aplikasi server dan client yang harus diinstall di kedua sisi.Bagi orang-orang tertentu hal ini mungkin menjadi rumit, tapi berarti melindungi privasi komputer yang menggunakan VNC.
3. HTTP support.
VNC dapat diakses menggunakan default port 5900 atau 5901 untuk TCP maupun port 5800 atau 5801 untuk HTTP. Jadi sebuah VNC server juga dapat diakses oleh VNC client menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer dengan menggunakan Java Aplet.



4. Transparan
VNC.
Transparan VNC adalah sebuah program yang sopan, tidak seperti beberapa software remote desktop lain yang menyembunyikan keberadaan dirinya dari user awam sehingga dapat dikategorikan sebagai sebuah software yang akan dideteksi oleh software antivirus. Apabila sebuah komputer Windows dipasang VNC server, akan muncul sebuah icon kecil logo VNC di sebelah kanan taskbar yang akan berubah warna apabila komputer tersebut sedang diakses. VNC juga mengharuskan kita memasang password untuk bisa diaktifkan. Sebelum password dipasang,program ini tidak akan bisa digunakan              
5. Across internet.
VNC dapat digunakan across internet.Cukup mengetahui nomor IP Address dan password VNC tujuan, kita dapat memperlakukannya menjadi program semacam PCAnywhere untuk mengontrol komputer dari jarak jauh.
6. Open Source.
        VNC bersifat Open Source dengan lisensi GPL (General Publik License).Dengan sifatnya ini, kita bisa dengan leluasa menggunakan dan mendistribusikannya, meski tentu saja harus mengikuti sifat lisensi open source-nya. VNC telah disediakan secara gratis sejak tahun 1988.
VNC menggunakan protokol yang sederhana berbasiskan RFB (Remote Frame Buffer). Protokol ini memungkinkan aplikasi remote mengupdate framebuffer yang ditampilkan di pengguna.Viewer di VNC tersedia untuk sistem UNIX, Linux, MS Windows, bahkan PDA.Saat ini VNC memang telah berkembang menjadi beberapa versi yg masing-masing juga dapat dijalankan dalam platform yang berbeda-beda, misalnya saja RealVNC , TightVNC,dan metaVNC .RealVNC sekarang juga telah mempunyai versi Free, Personal edition, dan Enterprise edition, masing-masing punya kemampuan yang berbeda-beda dari yang satu dengan yang lainnya.

C.    Sistem VNC

Dalam komputasi, Virtual Network Computing (VNC) merupakan metode berbagi grafis desktop menggunakan protocol RFB untuk kontrol jarak jauh komputer lain. VNC mentransmisikan event dari keyboard dan mouse dari satu
komputer ke komputer lain, selain itu VNC juga dapat menyampaikan update layar grafis ke komputer lain, melalui jaringan.
Sistem VNC terdiri dari 3, yaitu client, server, dan komunikasi protokol:
a. VNC Server
Program yang dijalankan dikomputer target
b. VNC Client
Merupakan Viewer, program ini dijalankan di computer server/ admin
c. VNC Protokol (RFB)
Merupakan protokol yang dipakai oleh VNC, Remote Frame Buffer mengirimkan capture image berdasarkan data pixel posisi X dan Y grafis. Serta mengirimkan evant dan message ke Viewer


D.    Cara Instalasi     
Langkah-langkah Install VNC adalah :
1.Download VNCdari website itu computer atau bisa cari di googling.
2.Klik file install VNC(cumasatu file)
3.Ikuti petunjuk dengan gambar dibawah ini
Pilih directory install terus Next

Pilih VNC SERVER atau Viewer kalau Viewer artinya kamu dapat melakukan remote ke jaringan kalau server artinya ada siap melayani koneksi untuk di remote terserah pilih yang mana.
Ikuti petujuk gambar
Berikan password untuk computer kamu, bila orang lain akan meremote computer tentu harus mengetahui password terlebih dahulu.




Dalam pembahasan kali ini, aplikasi pelayannya adalah Droid VNC, dan aplikasi Clientnya bisa VNC Client, atau bisa memakai browser web.
Langsung saja, berikut persyaratannya :
- Ponsel sudah di root
- Sudah terinstal Barnacle Wifi Tether (Aplikasi aksespoin)
- Install Android VNC Server ( Aplikasi server VNC )
- Di komputer atau laptop sudah di install VNC Client (Optional)
Berikut langkah-langkahnya  :
- Buka, dan Start aplikasi barnacle Wifi Tether, pastikan lognya menunjukan   bahwa aplikasi sudah Running.
- Kemudian Cek jaringan tersedia di komputer anda, jika terdeteksi jaringan Wifi android anda, sambungkan,masukan password ( Jika memakai password )
- Pastikan komputer dan android sudahterhubung Via Wireles Access (Wifi)
- Bukaaplikasi Android VNC Server, lakukan seting port dan password,
- Setelah selesai seting, klik Start Server, tunggu beberapa saat, dan akan muncul alamat IP beserta port yang akan digunakan sebagai alamat akses remote VNC.
- Dari komputer anda, buka browser,  dan ketikan alamat akses tersebut tadi  secara lengkap.
- Jika berhasil terhubung,  akan muncul permintaan untuk memasukan password, maka masukan password yang anda seting di Droid VNC tadi.
- Maka jika berhasil, akan muncul window dengan tampilan layar android anda secara realtime.
F.     Kelemahan VNC Remote Dekstop
Salah Satu kelemahan VNC adalah jika pada komputer server user yang aktif adalah user root maka client yang melakukan remote login akan masuk juga sebagai root sehingga bisa mengakses file-file sistem yang ada di komputer server
seperti mengganti atau mengubah password user lain. Untuk menjaga keamanan komputer server sebaiknya kita tidak login di server sebagai root karena akan membahayakan komputer server. Jika pada server user aktif adalah user root maka
client yang melakukan remote login akan masuk juga sebagai root sehingga bisa mangakses file-file system, misalnya mengubah password user.


G.    Kelebihan VNC Remote Dekstop

1)      Dapat melakukan sebuah pekerjaan dari jarak jauh, tanpa harus berada didepan peralatan yang ingin dikerjakan. Begitu juga dengan computer kita dapat melakukan remote computer dari jauh computer yang kita miliki. Penggunaan remote computer ini banyak digunakan pada jaringan LAN di perkantoran.
2)      Remote computer ini dapat memudahkan kita melakukan konfigurasi ataupun menyelesaikan pekerjaan seperti layaknya kita berada langsung di depan computer tanpa harus langsung datang ke computer tersebut. Karena tampilan yang muncul didepan layar mirip dengan aslinya (GUI).



H.    Macam Handphone untuk VNC Remote Dekstop
a.       Android
                     

b.      Samsung

c.       i-Phone


                   


I.       Lampiran Gambar



   







BAB III
KESIMPULAN

Jadi VNC adalah software sejenis dengan Remote Destop Connection yang sangat berguna dalam Sistem Jaringan Komputer Virtual yang koneksinya melalui internet. VNC juga memberikan keamanan lebih jika dibandingkan dengan Remote Desktop Connection karena dapat diatur apakah computer klien hanya read only saja pada saat akses kekomputer server atau tidak. Dengan Remote Dekstop ini seorang administrator dapat memantau dan mengendalikan computer klien secara langsung tanpa harus pergi ke computer klien.Hal ini dapat dilakukan baik dalam lingkungan LAN (Local Area Network) yang relatif berjarak dekat sampai dalam jaringan internet yang dapat berjarak ribuan kilometer











DAFTAR PUSTAKA

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/10/pemakaian-vnc-viewer/Diunduh pada tanggal 1 Desember 2011 jam 18.15
http://plongtech.blogspot.com/2011/01/vnc-remote-dekstop.html  Diunduh pada tanggal 1 Desember 2011 jam 18.25
http://remote-network.blogspot.com/2009/08/pengertian-remote.html Diunduh pada tanggal 1 Desember 2011 jam 18.30







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar