Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Jantung Koroner

Berbagai jenis penyakit jantung
Kategori jenis penyakit jantung telah diketahui dan penyebab kelainan struktur dan fungsi organ jantung  telah teridentifikasi baik karena kelainan genetik, metabolik, infeksi dlsbya.
Kategori dasar yang sering digunakan :
1.      Penyakit jantung bawaan
2.      Penyakit  jantung  kongestif- gagal jantung  ( Cardiomyopathy)
3.      Penyakit Jantung Koroner ( jantung arteriosklerosis)
4.      Penyakit Jantung Rematik
1. Pengenalan Sakit jantung bawaan
Kebocoran  pada jantung yang disebabkan belum sempurnanya proses penutupan sekat pemisah bilik atau serambi jantung kiri dan kanan, lasimnya terjadi pada masa bayi /anak . Gejala yang sering nampak adalah kebiruan  pada bibir, anak cepat merasa lelah, kadang2 sesak , bahkan mungkin sering pingsan saat beraktifitas.
Penyakit jantung bawaan tersebut meliputi  a.l : ASD : atrial septal defect , adalah kelainan jantung karena ada lobang pada sekat serambi jantung., VSD : venticular septal defect adalah kelainan jantung karena lobang pada sekat bilik jantung, PDA : Patent ductus arteriosus : kelainan tidak menutunya pembuluh darah yang menghubungkan aorta dan arteri pulmonalis dan Tetralogi Fallot, yaitu penyakit jantung bawaan  yang merupakan kombinasi penyempitan pembuluh darah di paru dan adanya lobang pada sekat bilik jantung.
Pemeriksaan penunjang laboratorium seperti elektrolit darah, analisis gas darah dlsbnya serta rangakaian pemeriksaan radiologi  diperlukan dalam diagnosis penyakit jantung  bawaan, agar tindakan koreksi pada kelainan dapat dilakukan secara tepat.
2. Pengenalan  Penyakit jantung kongestif / gagal jantung
Penyakit pada jantung karena ketidakmampuan jantung memberikan suply darah yang cukup untuk kebutuhan seluruh tubuh.Gejala dan keluhan yang menonjol adalah sesak nafas pada posisi tidur terlentang , nafas mudah tersengal bila melakukan gerakan jasmani/olah raga, cepat lelah, batuk dan oedema (pembengkahan sendi pergelangan  kaki) sebagai tanda obstruksi kronis pada pembuluh darah dlsbnya.
Pada umumnya penyakit ini disebabkan infark myocard, penyakit jantung hipertensi dan kelainan katup jantung, serta cardiomyopathi (otot jantung). Namun penyebab lainnya sebagi faktor resiko seperti obesitas, diabetes,  merokok, memberikan konstribusi yang cukup bermakna terhadap kelainan /gagal jantung ini.
Pemeriksaan penunjang baik pada laboratorium maupun radiologik  untuk melakukan identifikasi penyebab perlu dilakukan secara cermat dan efisien. Karena tindakan yang dilakukan harus berpijak pada penyebab dasar ( underlying disease), dan tindakan eksplorasi yang menyeluruh pada penyebab penyakit jantung kongestif akan sangat membantu tatalaksana pengobatan penderita (sperti Diabetes, hipertensi dll).
3. Penyakit Jantung koroner ( penyakit jantung arteriosklerosis)
Penyakit jantung  karena adanya penyempitan pembuluh darah arteri koroner dan berakibat berkurangnya asupan darah dan oksigenasi dinding jantung (miokard). Penempitan ini karena tersumbatnya sebagian pembuluh darah koroner tersebut karena gumpalan darah yang lasim disebut trombosis. Proses tersebut dimulai pecahnya kerak (plaque) arterosklerosis yang memicu bekuan darah yang kompleks.
Gejala dan keluhan yang spesifik adalah rasa nyeri dada seperti menekan atau rasa terbakar didada (angina pectoris) dibagian tengah atau sebelah kiri yang berlangsung 5 sampai 20 menit. Rasa nyeri tersebut menjalar kebahu kiri , terkadang rahang bawah, leher serta punggung .
Pemeriksaan  laboratorium yang sangat diperlukan untuk menunjang diagnosis PJK adalah CKMB ( Creatine Kinase-MB) yang kadarnya akan meningkat pada 5 jam pertama serangan akut tersebut, namun akan menurun setelah 6 jam serangan. Pemeriksaan laboratorium lainya seperti profil lemak, kadar gula, fibrinogen, tes agregasi trombosit  dlsbya sangat membantu  strategi pengobatan yang tepat sasaran
Rangkaian pemeriksaan lainya seperti EKG (elektrokardiografi), tes uji jantung berbeban,  photo thorax, arterografi, scanning dlsbya menentukan tingkat konfirmasi kelainan penyakit jantung koroner tersebut.
4. Penyakit Jantung Rematik
Penyakit jantung jenis ini karena infeksi yang berasal dari infeksi  streptococcus yang berasal dari sakit tonsilopharingitis atau infeksi pada gigi atau gusi. Infeksi itu akan menyebar pada organ jantung melalui aliran darah  dan akan menimbulkan keradangan  pada komponen organ jantung.
Penyakit ini lasimnya menyerang katup jantung  ( katup mitral dan tricuspidal) dan dinding jantung (myocarditis). Kecacatan pada katup mitral dan tricuspidal tersebut akan menyebabkan  stenosis atau insufisiensi dalam memberikan suli darah, sedangkan miocarditis menyebakan kemampuan memompa suply darah kesluruh tubuh tergagnggu.
Pemeriksaan laboratorium yang cermat terhadap kuman penyebab ( ASO titer, C-reactive protein /CRP,darah lengkap) , serta pemeriksaan klinis baik pada tenggorokan maupun pada gigi, EKG dan seangkaian pemeriksaan radiologi akan sangat membantu  pengobatan yang sifatnya medikal maupun tindakan koreksi bedah yang akan dilakukan pada penderita.
Rangkaian pemeriksaan yang umum  untuk konfirmasi adanya serangan jantung
Serangan jantung pada penderita pada tahap pertama  melalui pemeriksaan EKG
(Elektro kardiogram) berupa rekaman /gambaran impuls elektrik jantung. Kemudian disusul pemeriksaan ekhokardiografi dengan ultrasononografi, kedua tes tersebut untuk menilai struktur dan fungsi jantung, kemudian diikuti dengan tes/ rangkaian pemeriksaan darah untuk deteksi kematian sel otot jantung  yang disebabkan karena terhentinya suply / pasokan darah ke jantung, khususnya pada otot jantung (miokardium).
Untuk deteksi otot jantung yang mengalami proses kematian ( sekarat) yang lasimnya mensekresi ensim creatin kinase (CK) , lactic dehydrokinase (LDH) dan protein yang disebut troponin T & I.
Rangkaian pemeriksaan khusus
Adapun untuk konfirmasi yang rinci pada penyakit jantung diperlukan seperti halnya arteriografi atau scanning untuk konfirmasi  lokasi kelainan obstruksi pada pembuluh darah koroner, dan luasnya daerah miokardium yang mengalami infark.

sumber
http://labparahita.com/parahita/2011/02/periksa-dan-pahami-gejala-serangan-jantung/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Ibu shintia mengatakan...

Saya shintia Suami saya 8 bulan yg Lalu tr diagnosis jantung koroner Di haruskan pasang ring 2, Tapi Suami tidak mau dng Alasan takut,dan biaya Mahal banget Dan kami tidak Ada Dana sebesar Itu, Dan akhirnya Ada yg menawar kan untuk mencoba menghubungi Dr eliza dan says Di kasig no wa beliau yaitu 0822-6961-4664. Lalu kami langsung Konsultasi dengan beliau,dan kami Minta Di berikan Obat untuk menyembuhkan Suami saya yang Aman Serta tanpa epeksamping, beliau bilang Ada Obat nya Kalau mau bisa Di kirimkan, Dan kami menyanggupi, setelah 1 reseo kondisinya Suami saya semakin membaik Dan Di bulan ke 4 bulan Sekarang sudah sembuh Dan tidak jadi Pasang ring Dan jantung nya Di nyatakan Sehat

Fitry blessing mengatakan...

Saya sangat merekomendasikan coba datang brobat ke bpk yusuf ikhwan ah9779.
Sudah banyak yang tr bantu dan sembuh.
Coba datang brobat langsung kalau bisa datang.
Ini no hp ny 0822-9423-8289
Semoga saran saya bisa membantu banyak orang.
Suami saya juga pasien beliau...
Pengobtan ny juga bagus dan tidak melanggar aturan medis, justru bisa menjadi pendamping atau pelengkap pengobatan medis...

Posting Komentar