Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Apa itu VNC REMOTE DEKSTOP???


Apa itu VNC REMOTE DEKSTOP???
adalah sebuah software remote control, dimana dengan melalui software ini suatu komputer dapat melakukan akses untuk bekerja di suatu komputer lain yang terhubung dg jaringan.

 Bagaimana Kegunaan VNC ini??
VNC ini sangat membantu pekerjaan seseorang administrator luntuk dapat menjangkau seluruh komputer yang ada dalam jaringannya atau karena suatu sebab tidak dapat berada didepan komputer yang bersangkutan, sehingga perbedaan lokasi yang jauh tidak menjadi masalah untuk dapat melakukan pekerjaan sehari-hari.

      Karakteristik VNC Remote Dekstop

·         Multi platform :
Software VNC ini dapat digunakan dengan baik di lingkungan Windows, Linux, Beos, Macintosh, Unix dll. bahkan penggunaannya juga dapat dilakukan secara lintas platform. VNC client & VCN server dapat saling diakses misalnya dari sistem Windows ke sistem Linux, maupun dari sistem Linux ke sistem Windows.

·          Client-server :
Software terdiri dari aplikasi server dan client yang harus diinstall di kedua sisi.Bagi orang-orang tertentu hal ini mungkin menjadi rumit, tapi berarti melindungi privasi komputer yang menggunakan VNC.

·          HTTP support :

VNC dapat diakses menggunakan default port 5900 atau 5901 untuk TCP maupun port 5800 atau 5801 untuk HTTP. Jadi sebuah VNC server juga dapat diakses oleh VNC client menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer dengan menggunakan Java Aplet.
 
·         Transparan VNC :
Transparan VNC adalah sebuah program yang sopan, tidak seperti beberapa software remote desktop lain yang menyembunyikan keberadaan dirinya dari user awam sehingga dapat dikategorikan sebagai sebuah software yang akan dideteksi oleh software antivirus. Apabila sebuah komputer Windows dipasang VNC server, akan muncul sebuah icon kecil logo VNC di sebelah kanan taskbar yang akan berubah warna apabila komputer tersebut sedang diakses. VNC juga mengharuskan kita memasang password untuk bisa diaktifkan. Sebelum password dipasang,program ini tidak akan bisa digunakan

·          Across internet :
VNC dapat digunakan across internet.Cukup mengetahui nomor IP Address dan password VNC tujuan, kita dapat memperlakukannya menjadi program semacam PCAnywhere untuk mengontrol komputer dari jarak jauh.



·          Open Source :

VNC bersifat Open Source dengan lisensi GPL (General Publik License).Dengan sifatnya ini, kita bisa dengan leluasa menggunakan dan mendistribusikannya, meski tentu saja harus mengikuti sifat lisensi open source-nya. VNC telah disediakan secara gratis sejak tahun 1988.
VNC menggunakan protokol yang sederhana berbasiskan RFB (Remote Frame Buffer). Protokol ini memungkinkan aplikasi remote mengupdate framebuffer yang ditampilkan di pengguna.Viewer di VNC tersedia untuk sistem UNIX, Linux, MS Windows, bahkan PDA.Saat ini VNC memang telah berkembang menjadi beberapa versi yg masing-masing juga dapat dijalankan dalam platform yang berbeda-beda, misalnya saja RealVNC , TightVNC,dan metaVNC .RealVNC sekarang juga telah mempunyai versi Free, Personal edition, dan Enterprise edition, masing-masing punya kemampuan yang berbeda-beda dari yang satu dengan yang lainnya.

Kelebihan VNC Remote Dekstop

·         Dapat melakukan sebuah pekerjaan dari jarak  jauh

·         Remote computer ini dapat memudahkan kita melakukan konfigurasi

  Macam Handphoneuntuk VNC Remote Dekstop






    



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Daily Hits mengatakan...

i enjoy to see your work..keep it up...and also visit to my site...for Many working Tips...RealVNC VNC Enterprise 5

Posting Komentar