Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

uji hidrolisa Gelatin

I. Tujuan uji hidrolisis gelatin : untuk mengetahui kemampuan bakteri dalam menghidrolisis gelatin atau tidak
II. Prinsip : -
III. Alat dan bahan :
- Sampel bakteri
- Media gelatin
- Ohse lurus
- Es batu
- Incubator
IV. Cara kerja :
Hari pertama
- Siapkan media gelatin
- Sterilkan ohse
- Inokulasikan sampel bakteri secara tusukan dengan menggunakan ohse bulat secara aseptis
- Inkubasi 37oC selama 24 jam
Hari kedua
- Masukkan media gelatin ke dalam es batu pada suhu 20 derajat celcius
- Amati adanya hidrolisis gelatin
(+) media cair tetap cair
(-) media cair menjadi padat
V. Hasil : (+) media cair tetap cair
VI. Kesimpulan :  sampel bakteri menghidrolisis gelatin
VII. Pembahasan :

Komponen utama dari gelatin adalah protein. Kandungan protein berkisar antara 85 dan 92%. Gelatin dihasilkan melalui hidrolisis parsial dari kolagen. Kolagen protein yang terdapat pada binatang dan manusia. Berbeda dengan protein yang umumnya sperikal maka kolagen memiliki struktur linier seperti serat.
Dalam pembuatan gelatin, perlakuan terhadap bahan baku adalah dengan melarutkan pada larutan asam atau alkali sehingga terjadi pemecahan parsial pada ikatan silangnya. Struktur yang pecah ini disebut sebagai kolagen yang larut air dan dikenal sebagai gelatin. Hidrolisis kimia ini dapat dilengkapi atau diganti dengan penggunaan enzim yaitu enzim kolagenase.
Gelatin membentuk larutan koloid dengan air, sehingga secara teknologi, glatin adalah hidrokolid. Yang termasuk dalam hidrolkoloid selain gelatin adalah pectin, karaginan, gum arab, xanthan, guar gum, locust bean gum dan sebagainya.Hidrokoloid digunakan dalam industry pangan bukan karena nilai nutrisinya namun karena multifungsinya. Namun demikian, hidrokoloid tunggal tidak mampu memenuhi semua keinginan termasuk juga gelatin sehingga sering dipakai lebih dari satu hidrokoloid.
Sifat fungsional dari gelatin dapat dibagi dalam dua kelompok. Pertama adalah sifat yang berkait dengan gelatinisasi yaitu: kekuatan gel, waktu gelatinisasi, suhu didih dan viskositas. Kedua yang berkait dengan sifat permukaan gelatin misalnya pembentukan dan stabilitas buih dan emulsi, sifat adesif dan ketidaklarutannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar